30 December 2008

Aplikasi HelloWorld dalam Pemrograman J2ME (High Level)

Dimisalkan, anda sudah menginstall semua software-software yang dibutuhkan dalam pemrograman J2ME. Dan dimisalkan juga anda menggunakan software J2ME WTK, dengan menggunakan teks editornya Crimson Editor.

Langkah-langkah yang kita lakukan dalam membuat aplikasi HelloWorld tersebut yaitu :

  1. Klik Start -> All Programs -> J2ME WTK -> KToolBar (akan terbuka Software J2ME WTK (KToolBar) )
  2. Klik New Project, isikan Project Name : Latihan, dan juga isikan MIDlet Class Name : HelloWorld.
  3. Kemudian akan muncul sebuah dialog Setting for Project "Latihan". Pada menu ini kita dapat menentukan CLDC yang akan kita gunakan. Dan juga banyak lagi. Untuk tahap awal lebih baik kita menggunakan setting standard saja. Langsung klik OK.
  4. Buka Teks Editor, dan ketikan kode berikut :

    //Nama File : HelloWorld.java (sesuai dengan MIDlet Class Name yang kita isikan sebelumnya).

    import javax.microedition.lcdui.*;

    import javax.microedition.midlet.*;

    //Meng-import semua library yang dibutuhkan

    public class HelloWorld extends MIDlet implements CommandListener {

    //nama Class= HelloWorld, harus sama dengan nama File (Case Sensitive)

    private Display display; //menyiapkan objek display

    private Command cmdExit; //menyiapkan sebuah variable cmdExit //untuk menunjuk kepada sebuah tombol/command exit

    public void startApp() {

    display=Display.getDisplay(this); //mensetting display

    cmdExit=new Command("EXII",Command.SCREEN,1);// membuat tombol/command exit

    TextBox teks1=new TextBox("Hallo","Hello World…",50,0);

    //membuat objek TexttBox dengan diwakili oleh variable class teks

    teks1.addCommand(cmdExit);

    teks1.setCommandListener(this);

    display.setCurrent(teks1);

}

public void pauseApp() { }

public void destroyApp(boolean unconditional) { }

public void commandAction(Command c, Displayable d)

{

if(c= =cmdExit)//jika tombol exit ditekan, maka akan //memberhentikan aplikasi

{

destroyApp(false);

notifyDestroyed();

}

}}

Simpan file tersebut di C:/WTK_HOME/apps/Latihan/src, dengan nama HelloWorld.java

Struktur direktori yang dibuat oleh J2ME WTK yaitu :

  • bin (berisi file Java Archive .jar dan .jad)
  • lib (untuk menyimpan library-library yang dibutuhkan oleh program kita).
  • res (untuk menyimpan file-file pendukung seperti audio/gambar yang dibutuhkan oleh program kita).
  • src (untuk menyimpan berkas program Java kita (dengan ekstensi .java))
  • tmp (berisi file-file temporary).
  1. Pada KToolBar klik Build (meng-compile kode dengan ekstensi .java), kemudian Run (menjalankan bytecode (*.class) dengan menggunakan JVM (Java Virtual Machine)).
  2. Sampai disini seharusnya kita sudah berhasil memunculkan emulatornya. (yang menandakan bahwa program sudah berhasil untuk dijalankan).

Nb : Perlu diperhatikan bahwa dalam pemrograman J2ME, class pertama yang dipanggil yaitu class yang ber-extends MIDlet (turunan/diwariskan/inheritance MIDlet). Dimana hal ini berbeda dengan pemrograman Java Fundamental pada umumnya (seperti Java Swing), yang memanggil class pertama yang mengandung void main(String[] args).

Dalam J2ME (MIDlet), minimal harus terdapat 3 fungsi void (fungsi yang tidak mengembalikan nilai) utama, yaitu startApp(), pauseApp(), destroyApp(Boolean unconditional). Bila salah satu fungsi void tersebut tidak ada, maka program tidak akan bisa dikompilasi (di-compile).

Fungsi tersebut harus ada dalam program MIDlet kita. Meskipun di dalam fungsi void tersebut, kita tidak menuliskan kode apa-apa.

No comments:

Post a Comment